Selasa, 23 Februari 2010

Flasdisk dengan Feature Keamanan di Dalamnya


Flashdisk (yang selanjutnya akan disebut FD) merupakan alat media penyimpanan yang banyak digunakan oleh banyak orang pada saat ini. Dengan ukurannya yang kecil namun memiliki kapasitas yg cukup besar membuatnya cocok sekali untuk dibawa kemana-mana. Saat ini FD sudah banyak dilengkapi oleh berbagai featur. Salah satu contohnya adalah feature yg terdapat pada FD Kingston Data Traveler Locker+






Kingston Locker+ hadir dengan kapasitas 4GB, 8GB, 16GB, dan 32GB. Mengapa ia diberi nama tambahan LOCKER+? Tidak lain karena fitur keamanan dari FD tersebut dengan enkripsi data AES 256-bit (hardware-based), yang akan melindungi 100% data pada flash drive. AES banyak digunakan pada aplikasi PC, khususnya aplikasi file archieve dan kompresi, seperti WinZip, 7-Zip, PKZIP, dan lainnya. Untuk mengakses isi dari flash drive, pengguna harus melakukannya lewat sebuah antarmuka sederhana yang dibentengi password (kata kunci). Apabila ada seseorang yg berusaha mengakses FD ini tanpa memberikan password yg valid maka Kingston Data Traveler Locker+ akan langsung mengunci dan mem-format diri sendiri jika terjadi 10 kali kesalahan pengisian password.


Dilihat dari segi keamanannya bagi pengguna perorangan feature yg ada pada FD ini sangat baik bagi yg ingin file-file privasinya tidak mau dilihat oleh orang lain. Sedangkan untuk penggunaan bagi perusahaan feature yang terdapat pada FD ini cukup memadai untuk menjaga rahasia-rahasia perusahaan dari pencurian data oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Kapasitas penyimpanan data yang besar dengan feature security yang baik, memberikan nilai tambah tersendiri bagi Kingston Locker+ sebagai sebuah portable storage device.

sumber:
Majalah PC Media
http://blog.unsri.ac.id/AGRIOS/mrdetail/3303

Tidak ada komentar:

Posting Komentar