Selasa, 15 Februari 2011

Dibalik Layar Suatu Pembuatan Game

Zaman sekarang ini perkembangan teknologi sudah semakin maju dari hari ke harinya. Salah satu yang teknologi yang berkembang saat ini adalah game. Zaman sekarang siapa yang tidak tahu tentang game, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun menyukai game baik game offline maupun online.  Bahkan bagi yang addict terhadap suatu game terkadang mereka sampai melupakan yang namanya makan, mandi maupun tidur. Terutama game online yang memiliki peminat yang cukup banyak bila dibandingkan dengan game yang tidak berhubungan dengan internet.

Teknologi game tersebut terus berkembang dan berkembang baik dari segi grafis maupun segi alur ceritanya yang semakin kompleks sehingga dalam hal pembuatannya terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama dan sumber daya manusia yang cukup besar. Oleh karena itu untuk membuat suatu game dalam cangkupan yang besar maka dibutuhkan suatu team yang solid dan dapat melakukan tugasnya masing-masing secara baik dan benar. Team yang bekerja dibalik layar dalam pembuatan suatu game tersebut dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :


Game Designer 
Orang-orang di bagian ini bekerja untuk membuat bagaimana disain dari suatu game, alur, cerita game lingkungan, item-item, serta tekstur dan material yang ada pada game tersebut.

Artist 
Orang-orang yang membuat gambar model hero/karakter, efek-efek ledakan/darah pada game tersebut serta mengisi suara dari hero yang ia perankan.

Programmer 
Orang - orang pada bagian inilah yang membuat coding untuk game tersebut. Tidak hanya membuat coding biasa namun juga harus bisa menyesuaikan antara coding dengan karakter dan lingkungan yang telah dibuat terlebih dahulu oleh divisi lainnya.

Composer / Music Editor
Dialah yang juga membuat permaian ini menjadi lebih menarik dengan adanya musik yang mengiringi game tersebut, seperti bagian yang lainnya dalam menentukan musik pun harus memperhatikan keadaan, lingkungan dan karakter game tersebut.

Jika salah satu divisi tersebut tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya maka dapat menghambat tugas dari divisi yang lainnya juga. Oleh karena itu diperlukan kerjasama yang solid antar divisi pada Team  tersebut sehingga game dapat terselesaikan dengan baik.


Sumber :
http://www.docstoc.com/docs/54614384/Membuat-Game-Sendiri-I
http://styaaje.wordpress.com/2010/02/25/game-part-ii-game-technology/
http://www.indomanga.com/index.php?topic=1314.0
http://leapon.net/id/buat-game-yuk?page=3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar