Jumat, 07 Oktober 2011

Sumber Daya Manusia

Sumber daya alam tanpa diimbangi dengan adanya teknologi maka hasil yang didapat pun tidak akan maksimal. Begitu pula dengan teknologi tanpa diimbangi dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai maka teknologi tersebut akan menjadi tidak berguna dan hasil yang didapat pun tidak akan maksimal. Oleh karene itu dibutuhkan sumber daya manusia yang memadai dan berkualitas guna mendapatkan hasil yang maksimal untuk mencapai kesejahteraan.


Sumber daya manusia, yang kemudian disingkat SDM, merupakan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

Bicara mengenai SDM maka tidak akan lepas dengan kewirausahaan. Dalam membangun suatu kewirausahaan dibutuhkan tenaga kerja yang mampu mendukung agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. Jika suatu perusahaan tidak didukung dengan SDM yang baik maka akan mengakibatan produksi dari perusahaan tersebut akan terhambat dan lambat laun akan mengakibatkan kebangkrutan bagi perusahaan itu. Oleh karena itu diperlukan perencanaan baik dalam hal perekrutan SDM.

Adapun syarat-syarat perencanaan sumber daya manusia antara lain:
  • Harus mengetahui secara jelas masalah yang akan direncanakannya.
  • Harus mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang SDM.
  • Harus mempunyai pengalaman luas tentang job analysis, organisasi dan situasi persediaan SDM.
  • Harus mampu membaca situasi SDM masa kini dan masa mendatang.
  • Mampu memperkirakan peningkatan SDM dan teknologi masa depan.
  • Mengetahui secara luas peraturan dan kebijaksanaan perburuhan pemerintah.
Jika perencanaan sumber daya manusia dilakukan dengan baik, maka akan diperoleh keuntungan :
  • Manajemen puncak memiliki pandangan yang lebih baik terhadap dimensi SDM atau terhadap keputusan-keputusan bisnisnya.
  • Biaya SDM menjadi lebih kecil, karena manajemen dapat mengantisipasi ketidakseimbangan sebelum terjadi hal-hal yang dibayangkan sebelumnya yang lebih besar biayanya.
  • Tersedianya lebih banyak waktu untuk menempatkan yang berbakat karena kebutuhan dapat diantisipasi dan diketahui sebelum jumlah tenaga kerja yang sebenarnya dibutuhkan.
  • Adanya kesempatan yang lebih baik untuk melibatkan wanita dan golongan minoritas didalam rencana masa yang akan datang.
  • Pengembangan para manajer dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu mengembangkan dirinya untuk menjadi lebih maju dan dapat menjadi seorang wirausaha yang nantinya dapat memberikan lapangan kerja untuk orang disekitarnya. Dengan begitu seorang wirausahawan dapat memberdayakan dan mensejahterakan baik dirinya maupun orang-orang disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar