Selasa, 03 Juli 2012

Cloud Computing dan Pemanfaatannya pada Bidang Kedokteran


Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan). Cloud computing merupakan generasi baru software development dimana aplikasi tertanam di sebuah server dengan sistem operasi tertentu yang memungkinkan pemakai anggota dapat menggunakan software melalui sambungan internet (identik dengan awan/cloud).

Cloud computing dapat diibaratkan sebagai sebuah jaringan listrik. Jika kita memerlukan listrik, kita tidak harus mempunyai pembangkit listrik sendiri namun kita dapat menghubungi penyedia layanan (dalam hal ini, PLN), menyambungkan rumah kita dengan jaringan listrik, dan kita tinggal menikmati layanan tersebut dan pembayaran kita lakukan bulanan sesuai pemakaian.

Dengan adanya cloud computing maka akan lebih menghemat dana pengeluaran kita seperti dana untuk membeli aplikasi dan hardware server serta dana untuk team TI khusus untuk menjaga server dan aplikasi tersebut. Kita hanya perlu membayar bagi penyedia jasa cloud computing yang kita butuhkan saja.

Cloud Computing dalam bidang kedokteran pun sudah mulai dikembangkan salah satunya dengan adanya GoogleHealth. Pada GoogleHealth ini user dapat mencatat rekam kesehatannya secara rutin dan mengaksesnya kembali saat hendak digunakan atau diedit. Sayangnya layanan ini telah ditutup oleh Google per 1 january 2012. Selain GoogleHealth, pemanfaatan cloud computing dalam bidang kedokteran lainnya yaitu Telemedicine. Telemedicine didefinisikan sebagai transfer data medis elektronik dari satu lokasi ke lokasi lainnya via online. Dengan adanya Telemedicine maka pasien dapat berkonsultasi dan melakukan pengobatan jarak jauh dengan dokter ahli yang ia percayai mampu untuk membantu permasalahannya cukup dengan memanfaat teknologi informasi seperti halnya email atau bahkan video conference dan lain sebagainya tanpa perlu jauh-jauh datang ke rumah sakit.



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://milisdad.blogspot.com/2011/11/google-health-akan-ditutup.html
http://fajarsampurnopunyagaya.blogspot.com/2012/03/cloud-computing-dan-penggunaannya-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar