Rabu, 06 Oktober 2010

Sistem Penggabung File yang Dipecah-pecah


Sudah lama sekali tidak menulis di blog ini, mungkin jika dianalogikan menjadi benda di dunia nyata mungkin sudah menjadi sesuatu hal yang sangat berdebu hehee. Berhubung mendapatkan tugas dari dosen tentang pengembangan suatu sistem informasi maka kali ini akan saya bahas tentang suatu sistem yang digunakan untuk menggabungkan file yang sudah dipecah-pecah menjadi satu bagian utuh.

Kebanyakan film yang biasa saya download di internet berbentuk dalam file yang sudah dipecah-pecah menjadi beberapa bagian karena keterbatasan suatu File hosting (dikarenakan free user). Biasanya file-file yang terpecah-pecah tersebut dapat dijadikan satu dengan menggunakan softwere bernama HJSplit namun entah mengapa softwere tersebut tidak dapat digunakan pada komputer saya sehingga saya pun mencari cara alternatif untuk menggabungkan file-file tersebut agar saya bisa menonton film yang saya download tersebut. Salah satu caranya dengan memanfaatkan perintah-perintah di DOS. Untuk mempermudah dalam menggabungkannya (alasannya sih karena males ngetik hehee ) maka kita buat perintah-perintah tersebut kedalam suatu file dengan ekstension .Bat, jadi pemakaiannya tinggal mengklik file tersebut seperti mengunakan softwere saja.

Cara membuat file/softwere tersebut adalah sebagai berikut :

Pertama ketikkan perintah copy /b *.00? Ardi_Full_Movie.mkv di noteped kemudian save dengan nama JoinFile.Bat


Setelah jadi masukkan JoinFile.bat tersebut kedalam satu folder yang sama dengan file yang dipecah-pecah yang akan digabungkan itu.


Kemudian klik JoinFile.Bat maka akan muncul command prompt, tunggu hingga command prompt tersebut hilang secara sendirinya.


Maka secara otomatis akan muncul satu file dengan nama Ardi_Full_Movie.mkv yang merupakan gabungan dari file-file film yang dipecah-pecah tersebut sehingga kita dapat menyaksikan film tersebut dan mengetahui jalan ceritanya.

Secara analoginya garis besar sistem ini adalah sebagai berikut :
Demikian pengalaman saya dalam menggunakan suatu sistem sederhana guna mendapatkan informasi (dalam hal ini cerita film tersebut). Semoga pengalaman saya ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar