Kamis, 08 April 2010

Kecerdasan Buatan pada Game


Jika kita berbicara tentang game maka kita kita tidak terlepas dari yang namanya Artificial Intelligence (AI) atau dalam Bahasa Indonesia biasa disebut kecerdasan buatan. Lalu apa yang dimaksud dengan AI? AI atau kecerdasan buatan itu sendiri merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir.

Dalam game-game sederhana kebanyakan pemanfaatan AI digunakan untuk mencari jalur terpendek untuk menentukan targetnya. Sebagai salah satu contoh yaitu kecerdasan buatan yang ada pada game Pacman. Pada game ini dapat kita lihat bahwa hantu-hantu (komputer) yang menjadi musuh Pacman dapat mempertimbangkan dan memilih jalan yang tercepat untuk menangkap dan mengepung sang Pacman (pemain). Bahkan ketika sang Pacman memakan bola yang bisa membuat si hantu menjadi lemah maka sang hantu akan langsung segera menghindari sang Pacman secepatnya. Tindakan seperti itu memang terlihat mudah namun pada kenyataannya pembuatan hal tersebut cukup sulit dilakukan. Pembuatan hal tersebut membutuhkan algoritma yang mungkin sedikit rumit terutama bagi orang awam.


Game Pacman

Dengan adanya AI pada game maka kita dapat bermain game tersebut walaupun kita sedang tidak bermain dengan teman-teman kita. Sebagai contoh kita dapat bermain Counter Strike dimana yang menjadi musuh kita merupakan Bot (komputer) yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Dia dapat menemukan pemain lalu menyerangnya. Dengan semakin cerdasnya musuh (komputer) maka pembuatan AI mungkin akan semakin sulit

Masih banyak hal selain game yang memanfaatkan AI. Dengan semakin cerdasnya AI maka diharapkan dapat membantu manusia dalam memecahkan suatu masalah.

Sumber:
http://www.dream-frog.com/2009/08/algoritma-ai-sederhana-membuat-musuh.html

3 komentar:

  1. wow artikelnya menarikk.... ternyata ada game secerdas itu..

    BalasHapus
  2. Begitulah penerapan AI pada game. Semakin cerdas musuhnya maka akan membuat game menjadi semakin menarik tuh ^_^

    BalasHapus
  3. Setelah April, tulisan lain di mana ?

    BalasHapus