Rabu, 02 Maret 2011

Siapakah Yang Paling Penting?

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa dalam membuat sebuah game yang cukup besar diperlukan sebuah team. Team tersebut terdiri dari bagian-bagian yang memiliki tugasnya masing-masing. Lalu mungkin akan muncul pertanyaan "Siapakah yang paling dominan/utama dan yang paling penting dalam membuat suatu game tersebut?"


Untuk menjawab pertanyaan diatas maka kita akan membahas dengan menggunakan beberapa kasus dalam suatu game sehingga kita akan lebih mudah dalam menjawab serta mengetahui keterkaitan antara satu  divisi dengan divisi yang lainnya.

Dalam membuat suatu game tentunya harus membuat suatu map/lingkungan sebagai tempat para karakter nanti berinteraksi. Map/lingkungan yang dibuat pun juga harus sesuai dengan karakter-karakter yang nantinya akan ada dalam suatu game tersebut. Sebagai contoh bila sang game designer membuat suatu map tentang kehidupan pertanian namun sang artist justru membuat monster-monster yang sangat menyeramkan maka hal ini akan membuat game tersebut menjadi sangat aneh untuk dimainkan. Oleh karena itu kerjasama yang baik antara Game Designer dan Artist inilah yang nanti akan menentukan bagaimana keharmonisan antara karakter dan lingkungannya.


Dalam membuat suatu karakter pun selain  harus memperhatikan  seperti hal  yang telah disebutkan diatas juga harus memperhatikan bentuk serta perilaku dari karakter yang akan dibuat nanti. Hal ini diperlukan agar dalam memprogram karakter tersebut dapat dilakukan dengan baik. Untuk menciptakan hal demikian Artist harus bekerja sama dengan Programmer yang akan membuat coding karakter tersebut sehingga nantinya karakter tersebut dapat bergerak/berinteraksi dengan sekitarnya sebagaimana mestinya.


Agar terasa lebih hidup dan menyenangkan maka dalam suatu game pasti diiringi  oleh  suatu musik/backsoundnya. Suara/backsound tersebut juga harus sesuai dengan kondisi sang karakter juga  suasana disekitarnya. Sebagai contoh ketika dalam suasana berkabung dalam game tersebut maka musik yang dimainkan bernuansa dalam dan cukup pelan begitu juga sebaliknya jika dalam suasana sukaria maka musik yang dimainkan pun bernuansa ceria dan agak cepat. Agar suasana yang ada dan musik yang disuguhkan menjadi selaras maka dibutuhkan kerjasama terutama antara Composer, Artist dan Game Designer.

 
Sehingga dengan melihat dari contoh kasus diatas serta keterkaitan antara satu bagian dengan yang lainnya dapat disimpulkan bahwa dalam team tersebut semua memegang peranan yang sangat penting antara satu dengan yang lain.


Sumber :
http://www.docstoc.com/docs/54614384/Membuat-Game-Sendiri-I

1 komentar:

  1. mantaaaaapp... gue gak ngerti nih yang beginian.. hahaha

    BalasHapus