Kamis, 14 April 2011

Instalasi Ogre

OGRE singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine merupakan salah satu Engine Grafik yang berbasis objek. Dengan menggunakan Ogre kita dapat membuat game dengan  3 dimensi. Ogre itu sendiri ditulis dalam bahasa C++. Ogre menggunakan library atau pustaka Direct3D dan OpenGL.


Fitur-fitur yang terdapat pada OGRE adalah sebagai berikut :

  1. Berorientasi objek dan memiliki arsitektur plugin yang memungkinkan OGRE menjadi sangat modular.
  2. Multiplatform dengan dukungan OpenGL dan Direct3D.
  3. Mendukung Vertex dan Fragment Shader.
  4. Debugging dan Loading File.
  5. Memiliki compositing manajer dengan bahasa scripting dan layar penuh postprocessing untuk efek seperti HDR, mekar, kejenuhan, kecerahan, dan lain-lain.
  6. Adanya utilitas untuk mengkonversi ke file object OGRE (*.mesh) dari program 3D terkenal, misalnya Blender, Maya, 3DS Max, dan lain-lain.
Instalasi Ogre

Instalasi pada Windows
Karena Ogre hanya merupakan suatu engine maka kita membutuhkan IDE untuk menjalankannya. Salah satunya yaitu dengan menggunakan IDE Eclipse. Untuk itu diperlukan beberapa softwere pendukung agar dapat menjalankannya. Softwere-softwere tersebut yaitu :
  • OgreSDK. (utama) 
  • MSYS 
  • MinGW 
  • BlenderExporter. (opsional)
Langkah-langkah penginstalan Ogre
  1. Pertama kita instal dahulu MinGw. Secara default penginstalan MinGW ada pada folder C:\Mingw namun kita dapat mengubah direktorinya sesuka kita. Untuk kali ini kita biarkan saja penginstalan secara default.
  2. Setelah kita menginstal MinGW maka kita instal MSYS. Intalasinya hampir sama dengan MinGW hanya saja nantinya kita akan menginstal juga secara DOS.
  3. Setelah itu kita setting PATH yang ada pada Environment Variabel. Masukan c:\mingw\bin;c:\msys\1.0\bin Setelah itu kita OK. 
  4. Selanjutnya, test-lah path yang telah kita pasang untuk mengetahui apakah pathnya sudah terpasang dengan benar apa tidak. Perintah yang biasa dipakai oleh MinGW dan MSYS dari Command Prompt. Untuk mengetes MinGW, ketiklah perintah gcc –v. Bila mendapati output … gcc version 3.4.5 (mingw special) maka setting Environment Variables untuk MinGW telah berhasil. Selanjutnya, untuk mengetes MSYS, ketiklah perintah rm –version. Bila mendapati output, rm (fileutils) 4.1 … maka setting Environment Variables untuk MSYS juga telah berhasil.
  5. Setelah itu kita buka Eclipse dan buatlah project dengan cara klik menu File >> New >> C++ Project untuk membuat proyek C++ yang baru.
  6. Lalu kita setting program kita tersebut dengan cara klik kanan pada project lalu pilih properties. Masuk ke bagian GCC C++ Compiler pada Tool Settings, selanjutnya ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release. Pastikan yang aktif adalah Release.
  7. Masih pada bagian Tool Setting, masuk ke bagian MinGW C++ Linker ikutilah petunjuk table berikut ini untuk bagian-bagian properties pada pilihan Debug dan Release.
  8. Setelah selesai klik apply kemudian OK untuk menyelesaikan penyetingannya.

Instalasi pada Linux
Distro linux yang saya pilih sebagai media untuk instalasi OGRE adalah linux ubuntu. Disini saya akan menjelaskan secara singkat langkah2 instalasi OGRE di ubuntu. Sebelum mulai menginstal setidaknya kita telah menyediakan paket libfreeimage (jadi kita tidak perlu download dari sourcenya). Download beberapa paket yg belum ada, seperti : OIS dan Cg Tool kit .
kemudian lanjutkan dengan :
Instalasi OIS
Install dulu dependency :
sudo apt-get install autoconf automake1.9 libtool libxaw6-dev build-essential
membutuhkan 63.3 MB
Kemudian mulai build
make clean # bersihkan folder objek hasil kompilasi sebelumnya
./bootstrap
./configure –disable-ogre # karena ogre yg akan memanggil ois
make
sudo make install
Instalasi Cg Toolkiet
extract Cg_toolkit, dan kopi ke /usr semuanya :
cd Cg
sudo cp usr/* /usr -R
Instalasi Ogre
Install dulu dependency :
sudo apt-get install libzzip-dev libxxf86vm-dev \
libxrandr-dev libxrandr-dev libfreeimage-dev \
libcegui-mk2-dev libfreetype6-dev libdevil-dev \
libgtk2.0-dev libcppunit-dev libglut3-dev
jalankan terlebih dahulu :
aclocal
Kemudian mulai build :
./bootstrap
./configure


Sumber :
http://crystalforest.wordpress.com/2010/03/07/instalasi-integrasi-dan-build-project-ogre-di-eclipse-ide/
http://tiezdimas.blogspot.com/2011/04/ogre-lanjutan.html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar